Hakikat Segala Sesuatu

TENTANG SHOLAT

Derajad2 dan tingkatan sholat

1.Assholatu imadduddin. yaitu sholat sebagai tiang agama, tonggak dari ageman/pakaian. ini adalah sholatnya ahli SYARIAT. sholat yang demikian adalah untuk membedakan antara satu agama (pakaian) dengan agama yang lain. sebatas kewajiban dan rutinitas saja, belum menyentuh kedalaman qolbu yang lebih jauh, masih berkutat pada kulitnya saja. inilah yg mengakibatkan banyak orang yang sholat tetapi maksiatnya jalan terus (STMJ).

2.Assholatu bitaqwallah. yaitu sholat untuk menggapai level taqwa. sholat yang demikian telah mulai masuk dan meresap dalam hati sanubari insan. ini adalah tingkat sholatnya ahli TAREKAT/THORIQOH. sholat yang telah menyentuh kedalaman sanubari akan menghasilkan assholatu tanha anil fahsyai wal munkar, yaitu sholat yang telah mampu untuk mencegah perbuatan fasik dan munkar. dalam derajad ini sholat tak sebatas wajibnya, akan tetapi telah dilengkapi sunnah2 nya. dimana ciri khas wilayah ini ada pada kesukaan berdzikir dan qiyamul lail (tahajjud). "Dan pada sebagian malam hari bersalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ketempat yang terpuji" (Q.S. 17:79 ). sholat yang diikuti latihan-latihan dasar dalam pengendalian hawa nafsu, disertai dzikir2 nafas/ seiring keluar masuknya nafas. HU...ALLAH...HU....ALLAH...HU...ALLAH.

3.Assholatu lii dzikri. yaitu sholat sebagai dzikir. sholat yang demikian adalah sholatnya ahli HAKIKAT. sholat yang telah menggapai kesadaran JATI DIRI, meresap dalam nurani insan, dzikirnya adalah sholatnya,sholatnya adalah dzikirnya. dimana realitas-realitas bawah sadar, telah bangkit dan sadar, mengenal cerminan-cerminan diri pribadi. sholatnya bersifat sirri atau sholatnya sirr. dengan rahasia latifah Ketuhanan, tersingkap dan tersibak maknawi-maknawi kehidupan. wajah hati yang bersih suci yang senantiasa menghadap wajah sang Khalik, karenanya sholatnya juga sbg Assholatu mi'rajul mukminin. sholat sebagai mi'raj naik kealam tinggi, dimana hati tak lenggah dari memandang wajah Allah Azza wa Jalla. Subhanallah.

4.Assholatu daiman abada.yaitu sholat yang langgeng tiada habis-habisnya, tiada henti-hentinya, tak putus karena tidur/mati. sholat yang demikian adalah sholatnya ahli MAKRIFAT. yaitu orang-orang suci yang telah mengenali realitas Ketuhanan, sebagaimana mestinya Tuhan itu dikenal. sholat yang demikian telah mencapai dhohir batinnya sholat itu sendiri. dimana jami'il badan/ keseluruhan anggota2 badan telah lebur satu di dalam sholat, berdzikir dengan sendirinya setiap sel-sel tubuh tanpa kecuali. Subhanallah. seluruh jiwa raga telah meresap ke dalam sholat. sholatnya bersifat batiniah /tak tampak, dengan putaran latifah2 batin.berpindah dan berputar dengan sendirinya seperti thawaf.dari latiful qolbi (lembutnya qolbu), menuju latifah ruhani (lembutnya ruhani),menuju latifah sirr(lembutnya rahasia), menuju latifah khofi (lembutnya lembut), menuju latifah akhfa (lembutnya akhfa), menuju latifah akal, menuju latifah jami'il badan, dan kembali lagi, berputar seperti thawaf, berputar dengan sendirinya. ia memandang dunia dengan hampa, kosong, tidak ada apa-apa, dhohir batin hanya mengenal Allah,lenyap selain Allah, yang Maha Hidup, Langgeng tiada awal tiada akhir, tanpa sebab akibat, tanpa asal-usul dan tak mengenal konsekuensi.

~oleh :FK Al-majenun



7 Bumi, dimana dan bagaimana Keadaannya???

"Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula Bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya Allah, ilmu Nya benar-benar meliputi segala sesuatu." QS. At Thalaq (65): 12
Bumi adalah tempat berdiam/berpijak atau habitat hidup, sdg langit adalah ruang di atasnya, dimanapun tempat berdiam manusia di atasnya itulah yg di sebut langit.
Lalu dimanakah 7 bumi berada??
7 Bumi adalah 7 tempat berdiam manusia dalam prosesnya menuju kehidupan akherat yg kekal. Bumi-bumi itu adalah:
1. ketika manusia masih berupa sperma, buminya adalah buah zakar.
2. ketika manusia berupa janin, buminya adalah rahim ibunya.
3. ketika manusia keluar dari dalam perut ibunya, inilah buminya. skrng ini,inilah bumi yang ke tiga. langitnya berwarna kebiruan.
4. ketika manusia mati, ia dikubur.alam kubur menjadi buminya. tempatnya di barzah. barzah adalah alam antara utk menuju kehidupan akherat yg kekal. barzah berada dibumi ini juga, namun berbeda dimensi. barzah adalah alam gelap gulita, shg penghuni2nya gentayangan seperti anai-anai (laron) yg sibuk mencari cahaya. hanya ruh-ruh orang2 yg berimanlah yg terang benderang tak sesat jalan. pada pagi dan petang, bagi ruh-ruh penghuni barzah ditampakkan dlm pandangan matanya surga dan neraka, sesuai tempat yg akan dituju masing-masing. keadaan barzah spt org2 yg bermimpi, ada yg mimpi indah ada pula yg buruk. ruh-ruh dlm barzah akan mawujud dalam bentuk energi positif (+) dan energi (-) yg melayang-layang bebas diudara alam ini. ruh-ruh itu akan masuk kedalam hati manusia-manusia yg masih hidup, lalu mempengaruhi manusia yg masih hidup. adapun ruh-ruh yg negatif akan menimbulkan pengaruh buruk dan menyesatkan manusia. inilah yg menjadi setan-setan yg berasal dari bangsa manusia. sdg ruh-ruh yg positif akan dimanfaatkan utk mempengaruhi manusia kedalam jalan yg benar. inilah yg menjadi malaikat-malaikat yg asalnya bangsa manusia. langitnya berwarna gelap gulita.
5. ketika manusia dibangkitkan kembali, setelah pemusnahan alam semesta (kiamat) terjadi, makhsyarlah buminya. makhsyar adalah bumi yg lain, bumi yg baru yg dibentuk kembali dari penyatuan unsur2 alam semesta. makhsyar akan menjadi bumi yg sgt luas. keadaan manusia ketika bangkit dari alam barzah menuju makhsyar spt org yg bangun tidur dari mimpi. adapun pendosa akan gelisah sebab ketika dialam barzah telah dinampakkan neraka kpd mereka.mereka bangkit spt org yg sedang mimpi buruk. keadaan manusia di makhsyar berbeda dgn manusia didunia, adapun didunia wujud luar (dhohir) menutupi wujud dalam (batin). sdg di makhsyar wujud batin akan di dhohirkan, karenanya kebanyakan manusia akan bangkit dalam rupa-rupa binatang, sesuai dengan amal perbuatannya masing-masing. langitnya berwarna kuning kemerah-merahan (jingga).
6. ketika manusia harus mempertanggung jawabkan segala dosa-dosanya,manusia dilempar dalam neraka,untuk menerima pembalasan akibat sgala dosa-dosanya. neraka inilah bumi ke 6. ada yg terjebak dalam bumi ke 6 ini slama-lamanya,ada pula yg  diangkat menuju bumi kesempurnaan berikutnya. neraka adalah tempat yang membuat setiap penghuninya frustasi dan gemar melakukan percobaan bunuh diri.tapi tak ada satupun yang berhasil mati, sbb tubuhnya dihimpun kembali lalu dihidupkan lagi. langitnya berwarna merah kehitam-hitaman.
7. bumi terakhir yaitu surga. inilah bumi ke 7, tmpat kesempurnaan. peradaban manusia tdklah berhenti disini, ilmu akan dikaji,terus dan terus, sampai ketertakhinggaan. kekal tanpa batas waktu. kekal didalam kedinamisan, dalam gerak dan perubahan. Surga terus ditata, terus dibangun lebih baik dari waktu ke waktu. surga bukanlah sekedar tempat makan, minum enak dan kenikmatan-kenikmatan sexual. jauh dari itu. surga adalah tempat kedamaian dan pencerahan tiada henti. di situlah Tuhan dimengerti melalui ilmu yg senantiasa berkembang. langitnya berwarna putih cerah.






sholatul wustho

Hidup hendaknya tengah-tengah, menurut batas2 kewajaran, tdk berlebih-lebihan dalam hal apapun, menetapi jalan wustho (tengah2), "jagalah sholatmu, sholatul wustho". mski sesuatu itu tampak baik, jikalau berlebihan pastilah akan jd tdk baik. bahkan,mencintai Tuhan pun jika berlebih-lebihan akan jd tdk baik, sbb hal trsebut akan memicu seseorang mninggalkan keduniawian scr totalitas,spt tdk mau bekerja. pdhl manusia jg mmrlukan sarana2 duniawi dan hdup brmasyarakat. bknlah pada tmptnya manusia menginginkan kesucian,spt malaikat, sbb manusia berasal dr 'nafsu birahi'. manusia diciptakan bukanlah utk jadi suci spt malaikat, bkn pula kotor spt setan. tp utk mnjd manusia ssungguhnya, yg kamil, yaitu sempurna dlm budi luhurnya,dlm kemanusiaannya. ktka kesucian yg dicari,seseorang tdklh mmrlukan org lain utk mnggapainya, tp ktk kesempurnaan budi luhur yg dicari, seseorng akan slalu mmrlukan org lain, mgp? sbb saat seseorang ingin menolong org misalnya, ia akan slalu membutuhkan org lain yg perlu pertolongan sbg sasaran atau objek dari budi luhurnya. itulah bedanya mencari 'kesucian' dgn mencari 'ke-kamilan'.
Seseorang spt syeh Abdul Qodir Jaelani tlh berpuluh2 thn mncari 'kesucian' dgn menyepi,menyendiri. pd akhirnya kembali ke masyarakat guna meraih 'kekamilan', sbb sesuci apapun engkau di sbt, bilmn tdk ada darma baktinya, tdk ada manfaatnya bagi org lain, kesucian trsbt hanylah sia-sia. hny ibarat pohon besar dan subur tp mandul tanpa buah.






ALLAH

Allah adalah Robb dilangit dan dibumi dan apa2 yang ada diantara keduanya. Allah bukanlah alam yang diawali suatu proses pembentukan, Allah itu azali, Al Awwal, DIA yang awal tanpa diawali suatu proses kejadian dan pembentukan diri. Adanya adalah ada dengan sendirinya, bukan diada-adakan, ada dalam ketiadaan. Sebelum ada segala sesuatu yang ada hanyalah DIA (HUWA), yang Maha tak terkata-katakan, tak terbayang-bayangkan, tak terdefinisi, tak bernama, asing dan tak mungkin dikenali. Maka adanya segenap eksistensi adalah suatu pendekatan dan cara agar DIA yang tak terjelaskan menjadi bisa dijelaskan dan di mengerti, sebab DIA ingin dikenali. Allah itu nyata (Ad dhohir) sekaligus tidak nyata (Al batin), Allah itu transenden (jauh diatas langit diatas Arsy) sekaligus imanen/dekat (lebih dekat dari urat leher), Allah itu Awwal sekaligus Akhir.... Allah jauh tak terukur jauhnya, Allah pun dekat teramat sangat dekat, jauh tak terukur, dekat tak bercampur. tentang Allah adalah tak akan henti2 nya dan tak akan habis2nya, jika ditulis tak akan cukup 7 samudra sbg tintanya. Allah adalah segala sesuatu, tetapi segala sesuatu bukanlah Allah....===> selanjutnya engkau dituntut untuk merasakan sendiri garam, bukan mendengarkan cerita tentang rasa asin. engkau haruslah mencari sendiri. WAHAI PENCARI!!... MARILAH MENCARI, PENCARIAN ADALAH GERBANG DARI SEMUA PENGETAHUAN...







ASAL USUL MATERI

Partikel terkecil dari suatu materi adalah atom, atom disusun dari neutron, proton dan elektron. neutron,proton dan elektron mungkin juga disusun dr partikel yg lbh kecil, hanya saja ilmu pengetahuan tidak mampu menjangkaunya. neutron, proton dan elektron sebenarnya adalah bentukan dari energi. sederhananya materi itu berasal dari energi. energi membentuk materi dan cahaya (gelombang elektromagnetis), energi inilah yang kita sebut sebagai nur, mski scr terminologi nur berarti cahaya, namun maksd dan tujuannya mengacu kepada energi. energi (nur) ini pun berasal dari energi yg lbh tinggi, energi yg lbh tinggi itu berasal dari energi yg lbh tinggi lagi, nur di atas nur, berlapis-lapis, sampai kepuncaknya adalah nur Allah sendiri, lalu Nur Allah itu darimana?... tentu dari Dzat Allah sendiri.

Dengan demikian teranglah kesimpulan2 sbb :
1. Allah adalah asal usul dari segala sesuatu.
2. Alam semesta bukanlah sesuatu yg benar2 bersifat baru, melainkan adalah sesuatu yg azali tetapi berubah2 keadaannya saja.
3. Perubahan2 keadaan semesta, adalah mengikuti Qodrat/kehendak sang Pencipta.
4. Alam semesta berasal dari Dzat Allah sendiri, sebab dalam awal penciptaan, tiada dzat selain DzatNYA.
5. Pada awal kesimpulan, orang akan mengatakan "Tidak ada Tuhan selain Allah", maka pada akhir kesimpulan orang akan mengatakan "Tidak ada yang mawujud selain Allah".







TENTANG MOKSA

Moksa adalah peristiwa lenyapnya/gaibnya jasad ragawi. Moksa dalam islam memang kurang dikenal sbb bukan berasal dari bahasa arab. Tetapi peristiwa moksa sbnarnya jelas adanya dlm Qur'an, hanya saja dgn istilah yg beda. salah satu contoh paparan ttng moksa dlm Qur'an yaitu sbgmn yg trjadi kpd Isa al masih bin maryam as yg lenyap jasad ragawinya diangkat kelangit. Moksa hanya bisa trjadi pd org2 yang jasad ragawinya telah suci. Moksa bs trjadi dgn brbagai cara, yg prtama sebelum kematian, dimana seseorang lenyap jasad ragawinya sblm ia mengalami kematian. yg kedua moksa setelah kematian, dmn seseorang mati dan dikubur sbgmn umumnya, kemudian jasad ragawinya lenyap, bilamana kuburannya digali maka mayatnya sudah tdk ada lagi tanpa bekas.
Bilamana jasad ragawinya belum mencapai kesucian tetapi telah mendekati kesucian, maka jasad ragawinya tdk mengalami moksa tetapi utuh dan tak tersentuh kehancuran, sbgmn yg sering terjadi dan terbukti secara empiris, saat org yg telah meninggal berpuluh2 tahun, jasadnya masih utuh dan tdk mengalami kehancuran.






JAGAD WALIKAN

Akherat iku akhiring rat. akherat adalah akhir dari kehidupan dunia kita, atau matinya diri kita. Kita menuju kehidupan hakiki yang langgeng. dalam realitas dunia ini, maka kita melihat bahwasannya dhohir/lahiriah menguasai dan menutupi batiniah kita. dalam kehidupan akherat kelak akan berlaku hukum jagad walikan atau jagad kebalikan, maksudnya batiniah akan menguasai dan menutupi wujud ragawi kita. Seseorang di dunia ini bisa jadi wujud ragawinya cantik atau tampan tetapi wujud batiniahnya buas spt serigala. wujud batiniah itu tersembunyi yg nampak adalah wujud lahiriahnya yg cantik/tampan. tetapi di jagad walikan/jagad kebalikan, akan berlaku sebaliknya dimana wujud ragawi tdk tampak yang tampak adalah wujud batiniahnya yg berwujud srigala. Kehidupan dunia ini segera berlalu dan kita akan sambut jagad walikan, maka silahkan dibuktikan kelak bahwasanya akherat mirip kebun binatang.... wellcome to the jungle..






REINKARNASI

Reinkarnasi dalam islam berbeda konsep dengan reinkarnasi dalam hindu/budha. Dalam islam urut-urutannya, adalah mati, hidup, mati lagi, hidup lagi. semua diawali dari mati/tidak ada, lalu kita hidup/ada di dunia ini sekarang ini, kelak kita mati, lalu dibangkitkan dan hidup lagi dalam alam akherat. Kita tidaklah dibangkitkan lagi didunia ini untuk hidup kembali. Lalu bagaimana dengan konsep "nitis"/titisan??.... diantara ruh2 orang terdahulu, ruhnya ada yang difungsikan kembali sebagai guru ruhani kpd org2 yg terkemudian, ini istilahnya guru ruhani atau guru sejati, kadang2 menampakkan diri pada seseorang, bisa melalui mimpi atau pada org2 tertentu bisa secara langsung/tatap muka. Guru sejati inilah yang tampak seolah2 nitis kepada org tersebut, atau dengan kata lain org yang diikuti oleh guru sejatinya, kemudian tampak seolah-olah sebagai titisan dari seseorang dimasa lampau (guru sejatinya itu). memang umumnya antara org itu dengan guru sejatinya memiliki kecendrungan kesamaan sifat, pola pikir dan cara hidup.
Siapa tahu anda diberi kesempatan dengan di datangi guru sejatimu lewat mimpi?... mungkin saja dia datang dalam rupa orang alim dan memberi sedikit wejangan kepada anda.....

jangan lupa minta duit sing akeh... heheheh







Diantara cara2 turunnya wahyu:

1. Jibril menjelma dalam rupa manusia lalu menyampaikan wahyu
2. Dalam pandangan batin, tidak tampak bagi mata biasa. jibril turun dari ufuk tinggi dalam wujud asli lalu menyampaikan wahyu
3. Dicampakkan dalam qolbu, lalu diterjemahkan oleh jibril kedalam bahasa yg dimengerti oleh akal manusia, shngga akal mengerti dan paham dgn sendirinya, tanpa terlihat adanya jibril. umumnya didahului oleh suatu gejala, seperti suara mendesing yg memekakkan telinga didalam kepala, begitu berat seolah kepala serasa mau pecah.
4. melalui mimpi.








MALAIKAT


Malaikat secara terminologi berasal dari "malak" maknanya kekuasaan/kekuatan. Ada 3 hal mendasar yang berkaitan dengan malaikat, yaitu: malik,malak dan muluk. malik adalah sang raja, malak adalah kekuasaan/kekuatan daripada sang raja, sedang muluk adalah kerajaan daripada sang raja.

Bilamana sang raja berkehendak/berqodrat akan sesuatu hal, maka kehendaknya ini akan melahirkan suatu kekuatan yang disebut malak. Dengan demikian malak adalah sbg iradat bagi qodrat. Karena kehendakNYA itu beragam, makanya malak pun beragam menurut fungsinya masing-masing. contoh: ketika kehendakNYA akan maut bagi seseorang, malaknya di sebut malakul maut. malak inilah apa yang kita sebut sebagai malaikat, dimana Tuhan memperbuat sesuatu melalui malakNYA.
Apakah malaikat selalu berwujud makhluk individu??... jawabannya tidak. malaikat tidak serta merta mesti berwujud makhluk individu, bisa berwujud makhluk bisa pula tidak, malak bisa berupa nur/cahaya maknawiah atau bisa pula berupa sifat yang tak kentara, yg lembut masuk ke dalam qolbu lalu menginduksi qolbu menimbulkan sifat2 kebaikan. Alam bagi malak disebut alam malakut yang setara dan berada pada satu level global dengan alam arwah.
Wujud2 malak di alam malakut yg sejatinya adalah wujud manifestasi maknawiah, mrk bisa berwujud makhluk putih bersayap, makhluk spt terbuat dr air antara tampak dan tidak tampak, makhluk putih bercahaya tanpa terlihat tangan dan kaki dengan mata yg bulat bersinar spt seorang wanita bermukena, bisa pula mawujud dalam rupa diri kita pribadi. kesemuanya itu adalah wujud maknawiah dan pembelajaran saja. yang sejatinya malaikat adalah wujud manifestasi dari kehendak Ilahi di alam malakut





Berdiri itu maknanya engkau harus tegak, kokoh, kuat seperti alif, tidak boleh tengak-tengok, harus datar, jujur apa adanya, harus adil, adil dari bawah sampai atas, tidak boleh miring sebelah.
Rukuk itu merendah hati, tak boleh mendongak keatas, bersahaja dan membungkuk spt orang yang telah tua.
Sujud itu membumi, pasrah tak brontak, tak melawan, menyerah secara totalitas, seperti tanah yang selalu setia memberi kehidupan meski diinjak2, diludahi da dikencingi.
Duduk itu adalah kesabaran, menanti dan menunggu dalam masa penantian ini, tetap setia dan duduk ditempatmu sampai harimu tiba.
Salam, tengok kanan tengok kiri, itu artinya engkau harus peka terhadap lingkunganmu, sebab hidup tiada diciptakan sendiri, banyak yag mungkin perlu bantuanmu dan diantara dirimu adalah diberi kekuatan untuk berbuat sesuatu dan mengulurkan tanganmu terhadap mereka2 yg membutuhkanmu.....
aqimissholah itu dirikanlah sholat, bukan sekedar laksanakanlah sholat, bagaimana sholatmu jika engkau tak mengerti tentang sholat? Apakah sekedar jidat hitam kapalan andalanmu??.... engkau sangat bodoh dan tercela jika tak mengerti tujuan dari ibadahmu.... ayo bangunlah dari mimpi2 indahmu.... dan kenali setiap gerak-gerik langkahmu.... kenali setiap hembusan nafasmu.... hayati hidup ini..... dan biarkanlah dirimu menjadi INDAH....
13 June 2012 at 11:06Public







TENTANG SYAHADAT
Syahadat adalah persaksian. Apakah yang disaksikan?
pada alam alastu, semua manusia sejatinya telah bersaksi:" Alastu birobbikum?" (bukankan AKU Tuhanmu?) "Balaa syahidna" (benar saya bersaksi). Lalu kesaksian itu menjadi sebuah janji, dan janji menjadi sebuah hutang bagi diri kita semua. Karenanya kita lahir dalam keadaan berhutang, yang suatu ketika kelak, hutang itu akan ditagihNYA.
Kesaksian diri pribadi adalah berderajad dan bertingkat-tingkat. Kesaksian selalu beserta 'ilmu', baik itu ilmu lahiriah maupun ilmu batiniah. segala sesuatu yg kita saksikan dalam pandangan lahir maupun batin beserta ilmu, inilah wujud dari kesaksian kita kepada Allah.
Diantara saksi itu ada yg mengenalNYA dlm keilmuan lahiriah, ada pula dalam keilmuan batiniah, semakin lengkapnya persaksian seseorang maka akan semakin sempurna kesaksiannya. Kesaksian tertinggi akan Ketuhanan adalah penyaksian dgn mata batiniah yang paling jernih.

22 June 2012 at 15:48Public





Hakekat adalah realitas-realitas batiniah disebalik realitas lahiriah. Lahiriahnya engkau merasakan hebusan dan tiupan angin, hakekatnya ada malak (malaikat) yang mendorong kekuatan-kekuatan alam, sebagai penggerak angin tersebut.
hakekatnya hakekat ada Allah yang menetapkan semuanya, mengatur secara lembut semua, tiada yang kebetulan sama sekali.

17 July 2012 at 15:47Public



tentang berbuka, apa yang sebenarnya dibuka??.... Kita ketahui bahwa buka itu artinya membuka apa yg tadinya tertutup, sudah bisa untuk memasukkan makanan dsb sbg tanda selesainya puasa. Saat berbuka itulah kemudian nafsu mulai masuk menyerbu, hawa mulai kembali bergejolak seiring asupan makanan. Menjadi teranglah bahwa hawa nafsu memanglah berhubungan sangat erat dengan makanan. berasal dari makanan itulah terolah menjadi hawa nafsu. ini bisa diterangkan scr sdrhana, org2 yg hidup ditepi pantai/pesisir memiliki kecendrungan tempramen yg lbh keras dari org yang tinggal digunung, diantaranya krn faktor makanan dan suhu udara. Orang yang banyak mengkonsumsi daging/makhluk hidup akan cendrung memiliki hawa nafsu yang lebih tinggi ketimbang yang kurang. Faktor makanan adalah trmasuk faktor utama keberhasilan perjalanan salik, sbb makanan akan menjadi sel2 tubuh.
*Selamat berbuka..........
12 August 2012 at 18:54Public

No comments:

Post a Comment